Senin, 26 Januari 2015

“ULAR TANGGA CERDAS”



NASKAH PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR
“ULAR TANGGA CERDAS”

A. Tujuan Pembuatan Media

Selama ini pembelajaran membaca kerap terperangkap pada aktivitas kognitif yang monoton dan membosankan, media Ular Tangga yang dibuat dengan skala besar ini akan membantu anak mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan. Dalam permainan ini anak tidak saja melakukan aktivitas kognitif, akan tetapi juga melatih kemampuan motorik kasar, bahasa dan social emosional anak.
Dalam karakteristik anak usia dini, proses pemprosesan informasi pada otak akan bekerja maksimal apabila melakukan kegiatan yang menyenangkan. Permainan Ular Tangga Cerdas berangkat dari konsep dasar pendidikan anak usia dini yakni Bermain.
Berikut beberapa aspek yang akan dikembangkan dalam permainan Ular Tangga Cerdas:
1.     Kecerdasan Kinestetik
Permainan ini akan melatih dan mengakomodir anak yang memiliki kecerdasan kinestetik. Anak akan belajar mengenal huruf, angka dan nama-nama binatang sembari melakukan gerakan melompat, berlari, berjalan dan berjalan mundur.
2.    Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan Linguistik anak akan dilatih dengan pengenalan anak terhadap nama-nama binatang, bagaimana anak menangkap perintah yang diberikan kepadanya atau bisa juga diperoleh dari proses komunikasi yang terjadi selama permainan baik antar sesama anak maupun antara anak guru/orang dewasa yang mendampingi. 
3.    Kecerdasan Interpersonal
Dengan latihan mengelola emosi anak saat melakukan permainan bukan tidak mungkin akan melahirkan kecerdasan interpersonal anak. Dalam permainan ini anak akan belajar mengelola emosinya saat kalah, terjatuh, menang, persengketaan dan lain sebagainya

4.    Kecerdasan Intrapersonal
Karena skala permainan yang besar dan anak akan diposisikan sebagai pion atau bidak, maka kemungkinan akan terjadinya persengketaan selama permainan amat besar. Disinilah fungsi guru untuk “membantu” (bukan mengintervensi) anak memecahkan masalah yang timbul. Permainan ini akan melatih anak untuk saling berkomunikasi, bekerjasama, toleransi dan memecahkan masalah yang timbul selama permainan
5.    Kecerdasan Visual-Spasial
Permainan ini disetting dengan pertimbangan space yang cukup untuk anak bergerak bebas teratur di dalam map. Permainan ini akan mengajarkan anak untuk mengenal kotak, warna dan tertib langkah. Tidak semua anak dapat berada atau melangkah tepat dengan aturan yang ada, karena itulah permainan ini bisa digunakan untuk melatih kecerdasan visual-spasial anak.

B. Target Siswa
Target siswa yang ingin dikembangkan adalah siswa kelas B.  Aspek yang akan dikembangkan adalah bahasa, fisik motorik, social emosional dan kognitif

C. Jenis Media
Media Ular Tangga Cerdas sesungguhnya adalah bentuk media poster yang dibuat dengan skala besar.
D.Deskripsikan Pengembangan Materi
Media Ular Tangga Cerdas ini dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai macam permainan yang menyenangkan, antara lain:
1.   Bermain Ular Tangga dengan melempar dadu
2.  Bermain tebak-tebakan
3.  Bermain mencari angka
4.  Bermain mencari huruf
5.  Bermain mencari binatang
6.  Bermain tepat melangkah

E. Alat dan Bahan yang Diperlukan
Berikut beberapa bahan yang diperlukan dalam permainan ini, Yaitu:
1. Poster Ular Tangga ukuran besar
2. Dadu yang terbuat dari kayu/streofom dll
3. Kartu tebak-tebakan

F. Cara Membuat
Berikut langkah-langkah pembuatan Ular Tangga Cerdas:
1. Pilih gambar, huruf, angka yang sesuai dengan tema yang diangkat
2. Buat  dadu dari kertas tebal atau kayu, agar lebih menarik dapat diberi cat dan simbol di atasnya
3. Buat Kartu bermain tebak-tebakan dari kertas biasa 

G.Cara Menggunakan
1.     Permainan Ular Tangga
Anak diminta untuk berjalan di atas map sesuai dengan angka yang keluar dari lemparan dadu guru/temannya.  Anak harus mengikuti peraturan untuk antri, tertib, berjalan naik saat bertemu tangga, dan menurun saat bertemu ular
2.    Permainan Tebak-tebakan
Guru akan membacakan pertanyaan tebak-tebakan, dan anak akan menuju nama binatang, huruf atau angka yang sesuai dengan pertanyaan guru sambil menyebutkannya keras-keras
3.    Bermain mencari
Guru dapat meminta anak untuk mencari huruf, angka atau binatang yang disebutkannya
4.    Bermain tepat melangkah
Guru menyebutkan berapa langkah yang diperebutkan dan meminta anak untuk melakukan suit, anak yang menang dapat melangkah sesuai dengan jumlah yang disebutkan guru

H.       Pesan Moral/Karakter yang Dikembangkan
Pesan moral yang ingin disampaikan dalam media Ular Tangga Cerdas ini adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai kerjasama dan sportivitas antara siswa yang satu dengan lainnya

I.  Cara Penyimpanan Media
Karena menggunakan cat, media memerlukan perawatan khusus agar cat tidak cepat luntur yang antara lain adalah: melepas alas kaki selama permainan berlangsung,  digulung atau dibentangkan dengan benar untuk menghindari patah pada dasar dan disimpan ditempat yang tidak panas

J.  Desain Media
Media disetting dengan menggunakan program photoshop dengan menentukan ukuran keseluruhan dasar media dengan pembagian rasio huruf abjad sebanyak 26 huruf dengan mempertimbangkan isi yang cocok dan ukuran yang nyaman.



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : RA Al-Amin
Tema / Sub Tema        : Binatang
Smester/ Minggu        : 1 / 5
Kolompok                    : Tunas (B 2)
Alokasi Waktu             :  7.15 – 10.15

  A.  Kompetensi Inti
KI 1   : Memahami perilaku mulia ( jujur, penolong, sopan, hormat dsb )
KI 2   : Bersikap kooperatif dengan teman
KI 3   : Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol – simbol untuk persiapan membaca  
KI 4   : Melakukan permaianan fisik dengan teratur

B.      Kompetensi Dasar
KD 1  : Terbiasa berprilaku  sopan santun
KD 2  : Bersikap kooperatif dengan teman
KD 3  : Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol – simbol untuk  persiapan membaca
KD 4  : Melakukan permainan fisik dengan teratur

  C.  Indikator
(3.2.1) Menghormati guru, orang tua dan orang yang lebih tua
(1.1.3) Mau bermain dengan teman
(3.1.3) Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
(3.1.2) Melakukan permainan fisik, mis : petak umpet, tikus dan kucing dll

  D. Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan permainan Ular Tangga anak dapat bermain kooperatif dengan teman
2.      Dengan permainan Ular Tangga anak dapat mengenal huruf abjad dengan baik
3.      Anak dapat mengenal huruf vocal dan konsonan
4.      Anak dapat menyebutkan macam-macam nama binatang dengan tepat

E.    Materi Pembelajaran
1.      Macam-macam Ciptaan Allah
2.      Mengenal Huruf abjad
3.      Mengenal huruf Vokal dan konsonan
4.      Berdo’a



  F.      Kegiatan Pembelajaran
a.       Awal
b.      Inti
c.       Akhir
  G.     Sumber, Alat dan Media
a.       Power Point
b.      Ular Tangga Cerdas
c.       Kartu Tebak-tebakan

  H.     Penilaian
Teknik yang dilakukan Observasi dan anekdot



Bengkulu,    Desember 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                      Guru



Desi Apriyani                                                                         Elly  Agustina

 

2 komentar:

  1. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaykum
    Bu maaf saya ijin ambil pict nya ya untuk gambar contoh saya buat sendiri dirumah untuk belajar anak saya. Terimakasih

    BalasHapus