Senin, 26 Januari 2015

Pemanfaatan WEB Sebagai Sarana Pembelajaran




Oleh Elly Agustina, S.Sos.I

Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi yang semakin pesat mempengaruhi pelaksanaan proses pendidikan. Teknologi informasi juga dapat membantu memecahkan berbagai masalah pendidikan jika teknologi informasi dikembangkan dan dikemas sesuai dengan prinsip-prinsip teknologi pembelajaran. Salah satu aplikasi teknologi informasi yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran ialah internet.

Internet sebagai salah satu produk teknologi seyogyanya dijadikan alat yang dapat memudahkan manusia dalam banyak hal termasuk pendidikan. Internet bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran sehingga guru dan siswa dapat lebih memperluas wawasan dan kreativitasnya. Aplikasi internet dalam dunia pendidikan sesungguhnya tidak hanya sekedar membantu proses belajar mengajar, internet juga digunakan untuk membantu pemerintah menentukan kebijakan bagi dunia pendidikan, sebut saja Education Management Information System (EMIS), Education-Monitoring Pelaksanaan Anggaran (E-MPA), program Padamu Negeri untuk verifikasi dan validasi NUPTK secara on-line dan lain-lain
Saat ini dunia pendidikan semakin marak dengan menjamurnya e-learning sebagai salah satu bentuk aplikasi Internet. E-Learning  dianggap mampu menjembatani beberapa masalah pendidikan seperti terbatasnya waktu untuk berkunjung ke perpustakaan atau pusat-pusat belajar, jauhnya jarak antara peserta didik pada pusat belajar dan lain sebagainya.
Makalah ini selanjutnya akan membahas Pemanfaatan Web pada proses pembelajaran sekolah sebagai salah satu produk inovasi di bidang pendidikan.

Memahami Hakikat Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)
E-Learning merupakan proses dan kegiatan penerapan pembelajaran berbasis web (web based learning), pembelajaran berbasis web (computer based learning), kelas virtual (virtual classrooms) dan atau kelas digital (digital classrooms). Sedangkan pembelajaran berbasis web sendiri merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa di akses melalui jaringan internet.
Melalui fasilitas ini proses pembelajaran ini dapat mengunakan berbagai cara komunikasi yang berbeda, baik secara bersamaan (synchronous) maupun tidak (asynchronous) dengan bentuk komunikasi seperti chatting, e-mail atau mailing list.
Salah satu contoh pembelajaran berbasis Web adalah situs e-dukasi.net yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Komunikasi dan Informasi pada tanggal 12 Agustus 2003. Situs ini menyediakan layanan belajar berbasis internet yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didiknya untuk mencari sumber bahan belajar yang telah disesuaikan dengan kurikulum, bimbingan belajar/konsultasi, tutorial, remedial, e-mail, forum diskusi, bank soal, pengetahuan populer dan lain-lain.
Keberadaan e-dukasi.net diaharapkan mampu menjadi salah satu media sekolah (schoolnet) di Indonesia, dimana kegiatan komunitas sekolah baik pendidik, peserta didik atau tenaga kependidikan dimediasi oleh internet untuk saling berkomunikasi atau bertukar informasi sehingga terciptalah komunitas masyarakat informasi (knowledge based society). Jaringan sekolah sendiri merupaka program fokus utama UNESCO di berbagai negara di dunia.

Kelahiran e-dukasi.net  diawali dengan serangkaian kajian ilmiah sejak tahun 2002, yang dimulai dengan penggalangan dukungan dari lingkungan Depdiknas seperti Direktorat Pendidikan Menengah dan Umum, Direktorat Menengah Kejuruan. Divis Risti PT Telkom, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI), Jaringan Informasi Sekolah (JIS), ICT Wacth dan media massa yang bergerak dalam bidang teknologi informasi. Selanjutnya diselenggarakan seminar e-learning hingga tepat tanggal 12 Agustus 2003 e-dukasi.net diluncurkan bertepatan dengan bulan pencanagan Telematika oleh Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Negara Komunikasi dan Informasi.
Dalam prakteknya, banyak website yang semula disiapkan sebagai sarana pembelajaran tidak dikelola secara kontinyu dan profesional sehingga menghambat pemanfaatan akses untuk pendidikan. Namun terlepas dari kondisi riil dilapangan kita tetap harus menyambut positif terhadap keberadaan web sebagai salah satu inovasi di bidang pendidikan ini.
 
Manfaat dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis Web
Rusman dkk dalam buku Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebutkan beberapa hal berikut sebagai manfaat Pembelajaran Berbasis Web
1.      Memungkinkan setiap orang di mana pun untuk mempelajari apa pun
2.      Pembelajar dapat belajar sesuai dengan karakteristik dan lagkahnya sendiri karena pembelajaran berbasis web membuat pembelajaran bersifat individual
3.      Kemampuan untuk membuat tautan (link) sehingga pembelajar dapat mengkases informasi dari berbagai sumber baik di dalam maupun di luar lingkungan belajar
4.      Sangat potensial sebagai sumber belajar bagi pembelajar yang tidak memiliki cukup waktu untuk belajar
5.      Dapat mendorong pembelajar untuk lebih aktif dan mandiri di dalam belajar
6.      Menyediakan sumber belajar tambahan yang dapat digunakan untuk memperkaya materi pembelajaran
7.      Menyediakan mesin pencari yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan
8.      Isi dari materi pelajaran dapat di up date dengan mudah

Adapun kekurangan Pembelajaran Berbasis web adalah
1.         Keberhasilan pembelajaran berbasis web bergantung pada kemandirian dan motivasi pembelajar
2.         Pembelajar dapat dengan cepat merasa bosan jika mereka tidak dapat mengakses informasi
3.         Dibutuhkan panduan bagi pembelajar berbasis web, pembelajar terkadang merasa terisolasi, terutama jika terdapat keterbatasan dalam fasilitas komunikasi
Aplikasi Web Pada Proses Pembelajaran
Berikut alternatif pola pemanfaatan e-dukasi net atau pembelajaran berbasis web lainnya di sekolah:
1.      Pola pemanfaatan internet pada laboratorium komputer, pada sekolah yang telah memiliki laboratorium komputer dapat mengakses web secara bersamaan dalam bentuk klasikal ataupun individual dengan bimbingan guru
2.      Pola penugasan, pada sekolah yang belum memiliki labor guru dapat menugaskan peserta didik untuk mengakses internet melalui jasa layanan internet
3.      Pola pemanfaatan individual, peserta didik diberi kebebasan untuk memanfaatkan dan mengeksplor seluruh materi yang ada di web baik yang berupa bahan belajar, pengetahuan populer dan fasilitas komunikasi secara individual di rumah atau di warnet


2 komentar:

  1. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus
  2. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus